Ciptakan Lingkungan Bahasa Arab, PBA IPMAFA Gelar Kemah Bahasa Arab

Mukhoyyam Aroby (Kemah Bahasa Arab). (Foto: Suci Mawaddatun Ni’mah)

Margoyoso – Prodi Pendidikan Bahasa Arab Institut Pesantren Mathali’ul Falah  (PBA IPMAFA) mengadakan kegiatan Mukhoyyam Aroby (Kemah Bahasa Arab). Kegiatan ini dilakukan dalam upaya menciptakan Bi’ah Arobiyah (Lingkungan Bahasa Arab) dilaksanakan jum’at (17/1/2020) sampai dengan selasa (21/12020) di  Ma’had Jami’ah Mathali’ul Falah Pati.

Kegiatan ini diikuti 130 mahasiswa PBA IPMAFA Fakultas Tarbiyah. dengan kegiatan meliputi Riyadlah Badaniyah, Riyadlah Lughawiyah, An- Nadwah, Al’ab Lughowiyah, Khitabah, Raisul Jalsah, Masrokhiyah, Syu’latun Nar, Tarbiyah Amaliyah, Rihlah Lughowiyah, Mudhaharah dan Al’abul Ghina’.

Kemah Bahasa Arab ini diselenggarakan setiap satu tahun sekali yaitu pada ahir  semester ganjil. Kegiatan ini bersifat wajib bagi seluruh mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Reguler maupun Khusus. Mukhoyyam bertujuan merekatkan silaturahmi antar mahasiswa pendidikan bahasa arab di institut pesantren matahali’ul falah dan meningkatkan penguasaan bahasa arab mahasiswa pendidikan bahasa arab.

“yang membedakan mukhoyyam dari tahun-tahun sebelumnya yaitu adanya Rihlah (wisata) yang bertempat di Agrowisata Jolong Situluhur Gembong, Rihlah ini bertujuan agar masyarakat lebih mengenal Pogram Studi Pendidikan Bahasa Arab Institut Pesantren Mathali’ul Falah selian itu dalam Rihlah ini di isi dengan heking, disini per pos diisi oleh beberapa pertanyaan yang meliputi empat maharah yaitu kalam (Berbicara), Qiro’ah (Membaca), Istima’ (Mendengarkan) dan kitabah (Menulis) yang materi tersebut telah di sampaikan ketika nadwah (Seminar) hari-hari sebelumnya,” Ungkap Ryan Muhammad Ridwan selaku ketua Mukhoyyam Aroby 2020.

Ryan juga berharap kedepannya agar peraturan untuk peserta mukhoyyam dapat ditegaskan kembali dan Bi’ah Arobiyah (Lingkungan Bahasa Arab) dapat di terapkan di setiap tempat karna masih ada beberapa mahasiswa yang tidak menggunakan lughoh arobiyah (Bahasa Arab) di area mukhoyyam.

PBA IPMAFA Semakin Bersinar

Belum lama ini PBA IPMAFA menyabet gelar Juara Umum untuk kedua kalinya dan kembali membawa nama baik IPMAFA di kancah Nasional. Dalam acara PARBARA (Parade Bahasa Arab) di IAIN Pekalongan pada 16-17 November 2019.

Dalam acara tersebut terdapat workshop yang lebih menitik beratkan pada unsur kebahasaan dan seni Islam serta implementasinya dalam pendidikan. Seperti perlombaan Musabaqoh Khitobah (Berpidato), Munadharah (Debat Bahasa Arab), MQK (Musabaqoh Qiro’atil Kutub), Syi’ir (Puisi Arab), Ghina’(Pop Arab), dan flim pendek.

Adapun kejuaraan yang telah diraihnya Juara 1 Lomba Khitobah Dari saudari Ulya Rosyidah, Juara 1 Lomba Film Pendek Dari Team Rohman Abdullah, Fatkhurrohman, dan Machdum. Serta Juara 3 Lomba Debat Dari Team Wahyu Jimmy Pradana, Nadilla Lathifatu Ni’mah, dan Irfatin Maisaroh.