Safin Hadiri Seminar Kepemudaan, Berharap Mahasiswa Ikut Promosikan Kabupaten Pati

Wakil Bupati Saiful Arifin hari ini menghadiri Seminar Kepemudaan di Ruang Pragola Setda Pati (Foto: IG Humassetdapati)

KABORONGAN – Wakil Bupati Saiful Arifin hari ini menghadiri Seminar Kepemudaan dengan tema “Saatnya Pemuda Bangkitkan Potensi Daerah”, yang diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa dan Pelajar Pati (KMPP) UIN Walisongo Semarang di Ruang Pragola Setda Pati. Sabtu (28/12/2019).

“Sebagai pemuda khususnya mahasiswa harus turut serta dalam mempromosikan hal positif dari Kabupaten Pati. Sehingga tumbuh semangat kedaerahan agar Pati bisa sejajar dengan kota yang lebih maju lainnya,” terang Wabup.

Dalam kesempatan itu, Safin juga mengajak para mahasiswa untuk bersama-sama meningkatkan potensi daerah lewat ilmu maupun skill yang didapatkan ketika berada di bangku kuliah.

“Untuk menjadi orang hebat butuh proses yang panjang. Tidak kemudian instan,” jelas Wakil Bupati.

Ia menyebut, Sumber Daya Manusia (SDM) asal Kabupaten Pati sebetulnya sangat berkualitas. Namun, semangat kedaerahan perlu ditingkatkan agar kualitas SDM tersebut bisa dikerahkan dan diaplikasikan demi kemajuan daerah.

“Biasanya pemuda Pati ketika sudah sukses di luaran, malah justru lupa dengan daerah asal. Saya harap tidak demikian,”tutur Wabup.

Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Para Pemuda

Dalam kesempatan itu, KMPP juga mengundang beberapa praktisi untuk memberikan motivasi guna menumbuhkan jiwa wirausaha para pemuda. “Silakan tularkan (kesuksesan itu) kepada masyarakat di sini,” ungkap pria yang akrab disapa Safin ini.

Untuk diketahui, dalam seminar ini, KMPP UIN Walisongo juga mengundang pemilik usaha clothing dengan merek “Redshit”, Dita Alif Ivan Syah. Ia dihadirkan untuk memberi motivasi kewirausahaan bagi sekitar 100 peserta seminar.

Selain anggota KMPP UIN Walisongo, seminar ini juga dihadiri peserta dari organisasi mahasiswa Pati dari kampus lain, di antaranya Ikatan Mahasiswa Pati (IMP) Universitas Negeri Semarang. Kegiatan seperti ini harus terus dilakukan agar semangat para pemuda selalu terpacu untuk lebih baik lagi ke depannya, demi Kabupaten Pati yang lebih baik.