Bupati Pati Mengukuhkan 12 Kepala SMP

Bupati Pati mengukuhkan 12 Kepala SMP (Foto: IG humassetdapati)

WINONG – Bupati Pati Haryanto mengukuhkan 12 Kepala SMP di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati. Acara pengukuhan dilaksanakan di Aula Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Pati, kamis (26/12/2019).

Delapan kepala sekolah yang dikukuhkan merupakan hasil rotasi, sedangkan empat lainnya merupakan kepala sekolah baru hasil promosi jabatan. Bupati Pati Haryanto menjelaskan bahwa pengangkatan kepala sekolah baru dilakukan untuk mengisi kekosongan kepala sekolah yang ada di lima SMP. “Sebetulnya yang kosong ada lima sekolah, karena masa bakti kepala sekolah sebelumnya sudah 12 tahun. Kemudian dilaksanakan ada  uji kompetensi kepala sekolah dan sudah ada empat kepala sekolah baru yang dinyatakan memenuhi syarat,” terang Haryanto.

Ia pun menambahkan untuk satu SMP yang Kepala Sekolahnya masih kosong, menurut Haryanto nantinya akan diisi Plt atau Pelaksana Tugas. Sesuai aturan yang berlaku, lanjut Bupati, masa bakti kepala sekolah maksimal memang 12 tahun.

Haryanto pun meminta maaf karena tidak bisa memperpanjangnya. Hal ini, menurutnya, juga demi berjalannya kaderisasi kepala sekolah. Adapun mengenai delapan kepala sekolah yang dirotasi, Haryanto mengatakan, hal ini sudah berjalan sesuai mekanisme dan prosedur yang ada.

“Kepala sekolah yang masa baktinya sudah cukup lama, kita dekatkan ke perkotaan. Adapun yang baru kita tempatkan agak jauh supaya belajar. Memang kalau kepala sekolah baru ditempatkan di daerah pinggiran, pada saatnya nanti kembali ke perkotaan,” jelasnya.

Melaksanakan Tugas dengan Amanah

Haryanto berharap, setelah dikukuhkan, para kepala sekolah dapat segera melaksanakan tugas dengan amanah, mengingat saat ini sudah memasuki semester kedua tahun ajaran. Kepada kepala sekolah baru, ia berpesan agar mereka ngangsu kawruh pada seniornya. Begitupun sebaliknya kepada kepala sekolah yang senior, Haryanto berharap agar mereka bersedia membimbing para kepala sekolah baru.

Adapun rincian kepala sekolah yang dikukuhkan ialah Anwar Mashudi, yang sebelumnya guru muda SMPN 4 Juwana, dipromosikan menjadi Kepala SMPN 1 Gunungwungkal. Di samping itu, juga terdapat nama      Amin Mustofa, yang sebelumnya guru madya SMPN 1 Wedarijaksa, dipromosikan menjadi Kepala SMPN 2 Gunungwungkal.

Kemudian ada Sri Nurhayati, yang sebelumnya guru madya SMPN 2 Jaken, dipromosikan menjadi Kepala SMP 4 Juwana. Sementara itu, Kristina Ratna Kartika, yang sebelumnya guru madya SMPN 3 Juwana, kini dipromosikan menjadi Kepala SMPN 2 Tayu.

Lalu Sri Wahyuni, yang sebelumnya Kepala SMPN 2 Gunungwungkal, kini dirotasi menjadi Kepala SMPN 1 Tayu. Adapun    Sudarman, yang sebelumnya Kepala SMPN 1 Gunungwungkal, kini dirotasi menjadi Kepala SMPN 1 Sukolilo.

Kemudian Kuntarni, yang sebelumnya Kepala SMPN 4 Juwana, dirotasi menjadi Kepala SMPN 2 Wedarijaksa. Berikutnya Giyarto, yang sebelumnya Kepala SMPN 8 Pati, dirotasi menjadi Kepala SMPN 2 Juwana.

Selanjutnya ada Suhono, yang sebelumnya Kepala SMPN 1 Batangan, dirotasi menjadi Kepala SMPN 5 Pati. Sementara itu, Harun Sudjijanto, yang sebelumnya Kepala SMPN 1 Dukuhseti, kini dirotasi menjadi Kepala SMPN 1 Batangan.

Lalu Munif Wahyudi, yang sebelumnya Kepala SMPN 2 Tayu, kini dirotasi menjadi Kepala SMPN 8 Pati. Dan terakhir, Amin Aolawi, yang sebelumnya Kepala SMPN 1 Tayu, dirotasi menjadi Kepala SMPN 1 Juwana.