Pati Sabet Juara 2, Indeks Daya Saing Se-Jateng Kategori SDM

Wakil Bupati Pati Saiful Arifin (Safin) menerima piagam dan trophy penghargaan di acara Semiloka Nasional 2019

SUKOHARJO – Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019 untuk Kategori Sumber Daya Manusia, Pemerintah Kabupaten Pati berhasil meraih Juara 2. Hal tersebut diketahui saat Wakil Bupati Pati Saiful Arifin (Safin) menerima piagam dan trophy penghargaan di acara Semiloka Nasional 2019 bertema “Penguatan Inovasi Menuju Daya Saing dan Kemandirian Bangsa”, di Sukoharjo, Jateng. Kamis (27/11/2019).

“Kabupaten Kota se-Jawa Tengah sudah dinilai selama setahun tentang indeks daya saing daerah. Yang mereka nilai adalah bagaimana para pimpinan daerah di Jateng ini membuat Kabupaten atau Kotanya punya daya saing,” terang Safin.

Tahun lalu menurut Safin, Pati juga pernah mendapatkan penghargaan serupa yakni sebagai juara favorit ketiga Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018.

Menarik Perhatian Investor

Penghargaan tersebut diberikan dengan tujuan agar semua Kabupaten/Kota berlomba membuat kebijakan yang memunculkan daya saing. Sebab daya saing akan menarik perhatian investor, dan menarik perhatian berbagai pihak untuk bisa masuk ke daerah.

“Bisa karena pariwisatanya, ekonomi dan UMKM-nya, ataupun penciptaan perizinannya,” ujar Safin.

Ia pun menuturkan bahwa daya saing pasti akan menarik perhatian investor, dan menarik perhatian berbagai pihak untuk bisa masuk ke daerah. “Bisa karena pariwisatanya, ekonomi dan UMKM-nya, ataupun penciptaan perizinannya”, jelas Wabup.

Selain itu, lanjut Safin, ajang ini juga diharapkan dapat memacu para kepala daerah untuk berlomba dalam membuat kebijakan yang pro investasi.