Kabupaten Pati Raih Juara Umum POSPEDA Jateng Tahun 2019

Juara Umum I Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Daerah (POSPEDA) VIII Tingkat Jawa Tengah yang digelar 12-15 September 2019 di Kabupaten Tegal dan Kota Semarang. (Foto : Kemenag Pati)

Ponpes Dar Al Quran Al Islami, TEGAL – Pati raih juara umum dalam Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren (POSPEDA) Tingkat Jawa Tengah (Pospeda Jateng) tahun 2019. yang digelar 12-15 September 2019 di Kabupaten Tegal dan Kota Semarang.

Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Daerah Tingkat Jawa Tengah Tahun 2019 mempertandingkan 5 cabang olahraga dan 7 cabang seni. Untuk bidang seni memperlombakan cabang kaligrafi, pidato bahasa Indonesia, pidato bahasa Inggris, pidato bahasa Arab, cipta dan baca puisi, standup comedy, dan seni lukis Islami.

Kakanwil Kemenag Jateng, Farhani, membuka secara resmi POSPEDA VIII Tahun 2019, sekaligus menyampaikan apresiasi dan sambutannya terkait kegiatan ini.

“POSPEDA merupakan salah satu kegiatan rutin yang di era reformasi birokarasi ini digunakan untuk meningkatkan mutu para santri kita, dan dilaksanakan setiap tiga tahun secara nasional,” jelas Farhani.

Kepala Bidang Keolahragaan, Kardi, bersyukur atas perolehan yang membanggakan ini dan berterima kasih atas kerja keras semua atlet, pelatih, official dan para stakeholder yang turut membantu sehingga Pati dapat meraih prestasi ini.

“Pati mengungguli Kabupaten/Kota lain dengan 5 Emas dan 6 Perak,” tambah Kardi.

Pihaknya akan terus mengawal atlet yang akan bertanding di Pospenas, mulai dari persiapan sampai dengan pemberangkatan sehingga diharapkan mampu mengukir prestasi di perhelatan tingkat nasional tersebut.

“Sebagai tindak lanjut bagi yang memperoleh medali emas akan dipersiapkan untuk mengikuti Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional yang akan dilaksanakan di Bandung Jawa Barat bulan Oktober 2019,” tandas Kardi.

Santri Berprestasi

Keberhasilan para santri-santri tersebut merupakan hasil kerja keras santri Pondok Pesantren Kabupaten Pati dalam belajar dan berlatih. Ini merupakan sebuah prestasi yang luar biasa dan memiliki nilai bagi para santri Pondok Pesantren untuk berprestasi dalam dunia olahraga dan seni.

Disampaikan oleh kepala kankemenag pati Imron Rosyidi bahwa hal ini merupakan salah satu ajang untuk menyalurkan bakat dan kemampuan santri-santri Pondok Pesantren.

“Pekan olahraga untuk santri ini merupakan salah satu ajang untuk menyalurkan bakat dan kemampuan santri-santri Pondok Pesantren. Dengan terlaksananya kejuaraan tersebut para santri bisa mengeksplor kemampuan dan bakat seni dan olahraga sesuai dengan bidang masing-masing dengan tujuan untuk melahirkan atlet handal dari kalangan santri Pondok Pesantren,” ungkap Imron.

Sementara, Kasi Pondok Diniyah dan Pondok Pesantren (PDPP) Kemenag Kabupaten Pati Ruhani menyampaikan, kemenangan ini Karena kerjasama dan perjuangan santriwan -santriwati, Guru Pembimbing dan semua jajaran pondok pesantren serta semua ini tak lepas berkat Arahan dan Bimbingan dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati.

“Kepala Kankemenag Kab. Pati terus memberikan arahan dan semangat kepada seluruh Jajaran Kementerian Agama Kabupaten Pati agar berpacu dalam prestasi, maka dengan suplemen tambahan semangat tersebut khususnya Kontingen Pospeda Kabupaten Pati Tahun 2019 berjuang dengan semangat tinggi sehingga mahkota Juara Umum di bawa pulang ke Kabupaten Pati,.” ungkap Ruhani.