Baznas : Program Zakat ASN Untuk Bantuan Bedah Rumah

Penyampaian bantuan bedah rumah dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pati yang dilaksanakan di desa Wateshaji Kecamatan Pucakwangi. (Foto: patikab.go.id)

Pati, PUCAKWANGI – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pati melaksanakan Program penyaluran bantuan bedah rumah di desa Wateshaji Kecamatan Pucakwangi. Rabu, (3/7/2019). bantuan tersebut merupakan hasil zakat yang dikumpulkan dari para Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Pati.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Saiful Arifin, Camat Pucakwangi, BAZNAS dan Muspika Kecamatan Pucakwangi. BAZNAS merupakan program yang didirikan atau dibentuk oleh Pemerintah. Namun, saat ini mendapatkan bantuan dari ASN dari pegawai negeri yang ada di Kabupaten Pati.

Diharapkan bantuan ini bisa bermanfaat untuk membangun tempat tinggal yang layak. Karena sumbangan dari Baznas ini dibagi, ada bedah rumah, fakir miskin dan program-program Baznas yang lain.

Dalam sambutannya Wabup menyampaikan kepada penerima manfaat agar mendoakan para ASN sehingga selalu sehat serta bertambah rezekinya dan meningkat terus menyalurkan zakatnya melalui BAZNAS.

“Uang yang diberikan ini kiranya benar-benar dimanfaatkan untuk membangun rumah, tidak untuk kepentingan lain selain untuk pembangunan rumah. Manfaatkanlah uang yang Rp.15 Juta ini dengan sebaik-baiknya,” tambah Wabup.

Ketua Baznas Pati Imam Zarkasi mengatakan, Senin kemarin pihaknya juga telah melaksanakan program bedah rumah di dua desa, tepatnya di desa Bakalan kecamatan Dukuhseti dan desa Karangmulyo kecamatan Juwana.

“Kami berharap mudah-mudahan tahun berikutnya akan mendapat bantuan tidak hanya sekedar ASN tetapi bisa di perluas, rumahnya Bu Sami dan Suraman ini akan dibantu dari Baznas masing-masing sebesar Rp.15 juta tidak dipotong pajak dan mudah-mudahan bantuan dari Baznas ini bisa membantu meringankan beban mereka,” tambahnya.

Dorongan kepada ASN agar menyalurkan infaq maupun zakatnya melalui Baznas Pati terus berlanjut. Bahkan bisa ditingkatkan sehingga pendapatan lebih besar akan membantu di daerah, khususnya Kabupaten Pati.

Program Bedah Rumah

Terlaksananya bedah rumah ini juga atas perhatian segenap warga yang tergabung dalam Noto Projo Society, Baznas Kabupaten Pati. Bantuan tersebut merupakan salah satu bentuk perhatian mulai dari Pemerintah Daerah, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pati, serta para relawan.

Bantuan bedah rumah yang berasal dari Baznas, memiliki kelebihan karena tidak membutuhkan proses berbelit- belit. Bantuan ini cukup diberikan atas usulan dari tokoh agama, pengurus Baznas ataupun Bupati Pati. Sedangkan untuk bantuan yang dari pemerintahan bersumber dari APBD atau APBN berasal dari usulan pemerintah desa, kecamatan, ataupun dari Bupati langsung yang kemudian direkapitulasi. Setelah dilakukan peninjauan oleh pihak terkait dan layak mendapat bantuan, maka bantuan bedah rumah akan diakomodir.