Keluarga Besar TPI Mensosialisasikan Pelaksanaan e-TPI dan SIPIPA

Bupati Pati menghadiri halal bihalal keluarga besar TPI Juwana dan Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan di Hotel Safin. (Foto: instagram/humassetdapati)

Hotel Safin, PATI KOTA – Keluarga Besar Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Juwana dan Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan menggelar Halal bi Halal serta Sosialisasi Pelaksanaan e – TPI / Sistem Informasi Pelelangan Ikan Pati (SIPIPA) Rabu (19/6/2019) di Hotel Safin.

Halal Bihalal serta sosialisasi ini dihadiri oleh Bupati Pati Haryanto, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin, Sekda Suharyono, Kapolres Pati AKBP Jon Wesly dan Dandim 0718/ Pati Arief Darmawan serta 250 orang  pelaku usaha kelautan dan perikanan.

Bupati menyampaikan bahwa acara sosialisasi yang berbingkai halal bihalal ini mempunyai keterkaitan dengan pemilik usaha, pengelola, bakul, pemilik kapal, nelayan. sehingga memiliki keterkaitan dengan aplikasi e-TPI.  e – TPI ini sudah lama di launching  namun belum terlaksana.

“Memang e – TPI ini sudah lama kita launching, yaitu di bulan Desember tahun lalu bersamaan dengan e – PBB, e – Pasar, e – Menara, dan e – Rusunawa. Namun hanya e-TPI yg belum terlaksana karena memang e – TPI ini  perlu ditunjang dengan infrastruktur maupun SDM yang memadai,” tandas Bupati.

Dengan penerapan aplikasi – aplikasi dari dinas lain, memiliki tujuan untuk menghindari terjadinya penyimpangan. Sosialisasi ini mengajak para peserta untuk selangkah lebih maju dan berpikiran modern dengan memakai Ilmu Teknologi (IT).

“Dengan transaksi non tunai selain kita bisa memonitor juga dapat pertanggungjawabannya secara lebih jelas. Tidak ada niatan sedikit pun dari kami untuk merugikan bapak ibu sekalian, kalaupun ada, pendapatan itu tidak sebanding dengan yang kami kucurkan untuk pembangunan-pembangunan yang telah direncanakan, yang pada akhirnya masyarakatlah yang akan menikmatinya,” tambah Bupati.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Edy Martanto menyebut, e – TPI / SIPIPA merupakan salah satu inovasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Selain itu, juga sebagai implementasi dari reformasi birokrasi.