KPU Pati Gelar Pemilu Fun Run, Pemilu Sukses Tanpa Ekses

Bupati dan Wakil Bupati Pati menerbangkan balon sebagai pembukaan Pemilu Fun Run (Foto : IG Humassetdapati)

Alun-Alun Pati – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati menggelar event ‘Pemilu Fun Run’ di Car Free Day (CFD) Minggu (7/4/2019) untuk menyambut Pemilu Serentak 17 April 2019 mendatang. Masyarakat dari berbagai kalangan turut meramaikan kegiatan ini.

Berbagai cara dilakukan KPU agar masyarakat bisa berpartisipasi menggunakan hak pilihnya, salah satunya dengan menggelar Pemilu Fun Run.

“Untuk sosialisasi dan menginformasikan kepada masyarakat dengan hiburan seperti ini, juga pentas ketoprak yang terselenggara di Stadion Joyo Kusumo kemarin. Penandatanganan deklarasi pun juga sebagai wujud agar pemilu ini tidak diwarnai dengan isu – isu negatif, hoaks dan informasi yang dapat memecah belah kerukunan,” kata Bupati Pati Haryanto dalam sambutannya.

Dari event tersebut Bupati mengajak seluruh elemen masyarakat, mulai dari pemuda, tokoh masyarakat, pedagang, petani, pengusaha, PNS dan elemen lainnya tidak melewatkan kesempatan untuk menggunakan hak pilihnya.

“Mari bersama – sama memanfaatkan momen yang baik ini, perbedaan merupakan hal yang biasa. Yang terpenting, agar usai pemilu nanti tetap akur, rukun, damai serta bersama – sama dapat membangun Kabupaten Pati,” tandasnya.

Bupati juga berharap, agar pemilu nanti dapat terlaksana dengan menyenangkan, menggembirakan, damai, aman dan sejuk dalam memilih pemimpin Indonesia yang baik dan jujur untuk indonesia 5 tahun kedepan.

Komisioner KPU Kabupaten Pati Imbang Setiawan menyampaikan, dengan digelarnya kegiatan ini, masyarakat dapat bergembira dengan datangnya pesta demokrasi yang akan berlangsung 10 hari lagi.

“Melalui event ini juga sebagai himbauan kepada masyarakat, bahwa pemilu kurang 10 hari lagi. Saat itu, masyarakat diberikan kedaulatan mutlak untuk menentukan pilihannya terhadap pemimpin selama 5 tahun kedepan,” tambahnya.

Pemilu Fun Run ini juga diselingi dengan penandatanganan deklarasi pemilu damai. Juga ada senam zumba, panggung hiburan dan doorprize turut meramaikan.

Pemilu Sukses Tanpa Ekses

Rapat Persiapan Pelaksanaan Pemilu Tahun 2019 berlangsung pada selasa (2/4/2019) di Ruang Penjawi Setda Kabupaten Pati.

Bupati Haryanto memberikan wejangan dan berharap agar pelaksanaan pemilu tahun 2019 bisa berjalan dengan sukses, karena pemilu kali ini berbeda dengan pemilu sebelumnya.

“Selaku kepala daerah  adalah sifatnya  tanggung jawab moral saja, karena pelaksanaan pemilu kan ada KPU, Bawaslu. Semua lini kita kumpulkan, kita adakan rapat-rapat seperti ini untuk mendukung agar pelaksanaan Pemilu nanti sukses,”  ungkapnya.

Mengantisipasi segala persoalan sekecil apapun dalam pelaksanaan pemilu perlu dilakukan kerjasama dari berbagai pihak. Dengan berprinsip pemilu sukses tanpa ekses diharapkan mampu menjaga keharmonisan masyarakat kabuapaten pati menjelang pemilu mendatang.

“Jangan sampai tidak ada antisipasi dan tidak ada kesiapan yang akhirnya menjadi persoalan di lapangan,” tambah Bupati.

Semakin banyak TPS semakin banyak kotak suara, jadi kemungkinan ada kecamatan yang perlu perhatian karena tempatnya yang tidak memungkinkan untuk penyimpanan kotak suara seperti kecamatan Pati, Batangan, Trangkil, dan Gunungwungkal. Bupati pun meminta agar para ASN, TNI, Polri Netral dan berhati-hati karena banyaknya pemantau dari negara asing yang ikut mengawasi pelaksanaan Pemilu.

“Segala sikap yang diambil hendaknya mengikuti dan menyesuaikan  undang-undang yang berlaku,” harap Bupati.