Wihara Saddha Giri, Wisata Religi Berbentangkan Alam Pegunungan

Wihara Saddha Giri (Patidaily.com/Abdullah Asshoodiq)

Wihara merupakan tempat ibadah umat Budha dan sebagai pondok, tempat tinggal, tempat penginapan bhikkhu/bhikkhuni. Di Desa Jrahi ada sebuah wihara termegah, dan menjadi ikon ‘Wihara terbesar di Kabupaten Pati’.

Terletak di Desa Jrahi Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati Wihara ini dapat di akses dengan kendaraan roda dua, maupun roda empat. Pada hari Raya Waisak, umat Budha di Desa Jrahi memutari kuil sebanyak tiga kali yang diakhiri dengan menyalakan hio di altar pohon Bodhi, dan melakukan meditasi di dalam Wihara.

Umat Budha di Pati memiliki Filosofi bahwa dengan membangun Wihara di dataran Tinggi mereka yakin akan dekat dengan para dewa, sehingga doa yang dipanjatkan cepat dikabulkan.

Bertempat di lereng Gunung Muria, wihara ini menyajikan bentangan alam sekitar yang masih alami, Banyak sawah-sawah, dan tetumbuhan pohon hijau tumbuh subur, udara sekitar yang masih terasa segar membuat siapapun yang berkunjung akan betah di lokasi Wihara.

Wihara ini didirikan pada tahun 2013, buka setiap hari dari jam 8 sampai dengan jam 5 sore, tanpa di pungut biaya. Bukan hanya umat budha yang datang, tetapi juga ada warga Pati dan sekitarnya yang hanya bertujuan untuk wisata.

Wisata Alam

Pati memiliki kekayaan wisata alam yang sangat melimpah, mulai dari hamparan lerang Gunung Muria sampai dengan banyaknya Gardu pandang yang menjadi andalan destinasi wisata di Pati. Salah satu destinasi wisata Pati adalah Wisata Alam Desa Jrahi.

Desa Jrahi memiliki banyak destinasi wisata yang dapat memanjakan para wisatawan yang menginginkan suasana Desa beserta alam nan asri.

Desa Jrahi memiliki wisata air terjun Grenjengan Sewu,  Embung Mini Jrahi, Wihara Saddha Giri, dan Gardu Pandang Jiwo.

Pembaruan Jalan

Semenjak terkenalnya Jrahi dengan sebutan Wisata Gratis Jeglongan 1000 (sebutan bagi jalan menuju Desa Jrahi yang rusak), Pemerintah Daerah gencar melakukan pembangunan jalan akses menuju Desa Jrahi. Dengan keseriusan Pemerintah, jalan menuju Desa Jrahi diperbaharui dan semakin menambah keindahan alam sepanjang desa.