Kunjungan Kapolda Jateng Dan Pangdam IV/Diponegoro Di TPI Juwana

Silaturahmi Kapolda Jateng dan Pangdam IV Diponegoro ( Foto : IG Humassetda Pati)

BAJOMULYO – Juwana, Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Unit II Juwana dikunjungi Kapolda Jateng Irjen Drs. Condro Kirono, M.M, M.Hum dan Pangdam IV/Diponegoro Mayjend TNI Mochammad Effendi, S.E, M.M untuk melakukan silaturahmi dengan nelayan di Pati.

Bupati Haryanto, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Jawa Tengah M. Syafriadi, Wakil Bupati Saiful Arifin, Kapolres Pati AKBP Jon Wesly dan Dandim 0718 Pati Letkol Arm Arief Darmawan juga turut hadir hadir dalam dialog antara nelayan dan Kapolda.

Silaturahmi tersebut diikuti 300 peserta. Saran dan keluhan dari hasil dialog nantinya akan disampaikan ke Kapolri, kemudian diteruskan kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan.


Tema yang diusung dalam dialog kali ini adalah proses pengurusan (Surat Izin Penangkapan Ikan), serta terkait Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP) atau area penangkapan ikan yang hanya dibatasi satu area.

Nelayan menyambut baik solusi dari Kapolda, juga sebagai jawaban atas proses SIPI yang lama.

“Solusi untuk proses SIPI yang lama dan hanya (dalam proses) tinggal menunggu keluarnya saja akan dikeluarkan  surat keterangan. Surat Keterangan atau suket tersebut ditandangangani Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten, Kapolres, Dandim Danlanal. Mereka yang berada di Kabupaten / Kota,” tandas Kapolda.

Ditegaskan pula, bahwa nelayan  yang sudah membawa Suket dipersilahkan untuk berlayar.

 “Sebab Suket menerangkan bahwa perijinan telah melalui proses, hanya SIPI yang belum keluar,” ujarnya.

Kebijakan dari Kapolri bahwa Polda di seluruh Indonesia agar mengawal, agar tidak ada penangkapan ikan menggunakan cantrang , juga di ungkapkan oleh kapolda Jateng.

Kedatangan Kapolda Jateng dan Pangdam IV Diponegoro juga memberikan bantuan berupa pelampung untuk nelayan sebanyak 150 dari Kapolda dan 150 lagi dari Pangdam IV Diponegoro, serta dua set bola voli.


Buapati Pati Haryanto mengucapkan terimakasih karena telah membantu peralatan pelampung yang sangat berguna bagi nelayan di Pati.

“Mengingat waktu yg terbatas masyarakat dihimbau agar tidak usah kuwatir karena tidak kebagian waktu bertanya,  semua terkait pertanyaan dan keluhan silahkan dibuat tertulis nanti akan kita sampaikan kepada yang berwenang. Semoga kehadiran beliau bisa memberi solusi permasalahan yang ada selama ini,” kata Bupati.