Satpol PP Kukuhkan Kader Siaga Ketentraman Dan Ketertiban (Trantib)

Wakil Bupati Saiful Arifin mengukuhkan sebanyak 150 kader siaga Ketentraman dan Ketertiban (Trantib). (IG Saiful Arifin)

HOTEL NEW MERDEKA, Winong – Wakil Bupati Saiful Arifin Mengukuhkan kader siaga Ketentraman dan Ketertiban (Trantib) dari unsur mayarakat yang berasal dari 6 kecamatan se-Kabupaten Pati di Hotel New Merdeka, Selasa (13/11/2018).

Setelah sukses meluncurkan aplikasi ‘SIAPAK’, kini Satpol PP mengukuhkan kader siaga trantib guna lebih meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap deteksi dini, pencegah dini, lapor cepat terutama kepada Satpol PP dan juga kepada instasi-instasi lain pengampu ketentraman dan ketertiban.

Pengukuhan ini dihadiri 150 kader Trantib dari unsur mayarakat yang berasal dari 6 kecamatan se-Kabupaten Pati.

Dari 21 kecamatan yang ada di Kabupaten Pati, baru terakomodir 6 kecamatan.

“Bukan karena pilih kasih, tapi kita perlahan-lahan dan maksimalkan anggaran yang terbatas,” terang wabup.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Hadi Santosa menambahkan bahwa program pengkuhan Kader Trantib ini juga akan dikomunikasikan dengan program SIAPAK yang lebih dulu diluncurkan.

“Dengan adanya aplikasi SIAPAK, maka kader siaga ini dapat langsung melapor dan juga dapat langsung kami respon bilamana terjadi gangguan Trantib. Namun, tetap kita beri pemahaman, agar para kader siaga ini tetap berkordinasi dengan pemerintah desa setempat,” terang Hadi.

Sebelum lapor lewat aplikasi, hadi menyampaikan sebisa mungkin masalah tersebut dapat diselesaikan dulu di tingkat bawah.

“Harapannya ya agar bisa diselesaikan dulu dengan kearifan lokal desa setempat, karena tidak semua kasus Trantib harus diselesaikan ke atas atau ke ranah hukum,” imbuh Hadi.

Untuk pengkuhan kader siaga di desa atau kecamatan lainnya, pihaknya akan segera menindaklanjutinya.

“Akan kami targetkan di tahun 2021 atau 2022 dapat terbentuk semua di seluruh Kecamatan di Kabupaten Pati,” tandas hadi.