Desa Tambaharjo, Desa Sadar Jaminan Sosial

Penetapan desa ini menjadi desa Sadar Jaminan Sosial

Tambaharjo – Kamis (15/11/2018) Desa Tambaharjo  dicanangkan sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial. Acara peresmian dihadiri oleh pemerintah desa dan muspika Kecamatan Pati, dan Kepala PPP Bajomulyo. kesempatan itu dilaksanakan pula penyerahan santunan dari paguyuban nelayan mina santosa kepada Kusmiyati ahli waris dari saudara Partono yang baru saja mengalami kecelakaan kerja sebagai ABK.

Dalam sambutanya bupati pati mengungkapkan alasannya mengapa acara sadar jaminan sosial ketenagakerjaan ditempatkan di desa Tambaharjo.

“Karena desa Tambaharjo adalah salah satu desa yang mulai dari perangkat desa, pengurus RT, RW dan lembaga desanya sudah didaftarkan dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan,” ucap Bupati.

Bupati memberikan apresiasi kepada Desa Tambaharjo karena menjadi desa  yang memiliki kesadaran mendaftarkan warganya  yang dianggap perlu ditanggung oleh pemerintah desa.

Kesadaran itulah yang membuat perusahaan-perusahaan di desa tambaharjo ikut memberikan jaminan sosial bagi karyawannya. Bupati berharap ketika masyarkat ikut dalam jaminan ketenagakerjaan ketika ada musibah keluarga bisa mendapatkan santunan.

“Jangan sampai, masyarakat atau pemerintah desa baru melakukan pengurusan jaminan sosial ketika sudah membutuhkan keringanan biaya,” tandas Bupati.

Bupati berharap langkah yang di ambil desa Tambaharjo dapat dijadikan contoh untuk desa-desa lain sadar mendaftarkan warganya ikut jaminan ketenagakerjaan.

“Dana yang digunakan untuk hal ini kan bisa dari Alokasi Dana Desa (ADD) ada pengaturan penggunaannya dalam hal ini,” tambahnya.

Bupati juga menyampaikan bahwa pemerintah daerah sudah menyurati perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Pati untuk mendaftarkan keryawannya di jaminan ketenagakerjaan.