Bupati Pati Haryanto Mengenalkan Bangunan Bersejarah pada Anak-Anak yang Sedang Menjalankan Acara Praktik Ibadah Haji

Bupati Pati Haryanto mengenalkan bangunan bersejarah pada anak-anak berupa Pendopo Kabupaten (IG Humas Sekretaris Daerah Pati)

PENDOPO KABUPATEN, Pati Lor – Kamis (08/11/2018), Bupati Pati Haryanto mengenalkan bangunan bersejarah pada anak-anak berupa Pendopo Kabupaten. Kesempatan itu dilakukan dalam rangka praktik ibadah haji yang dilakukan anak-anak TK Raudlotul Athfal (RA) se-Kabupaten Pati.

Bupati menjelaskan bahwa Pendopo Kabupaten merupakan salah satu cagar budaya yang masih mempertahankan bentuk aslinya.

“Dibangun sejak zaman Belanda, tapi hingga kini masih terjaga. Tampilan saat ini merupakan hasil renovasi dengan tanpa merubah bentuk aslinya,” ucap Bupati.

Bupati berharap, pengenalan peninggalan sejarah Pati harus di bangun sejak dini. Karena Belum tentu di lain kesempatan anak-anak datang melihat atau berkunjung hingga ke dalam pendopo ini.

“Mudah-mudahan pengetahuan dan pengalaman mereka bisa bertambah sehingga nantinya bisa bercerita dengan teman-teman lainnya”, lanjut Bupati.

Pada acara itu juga disampaikan, bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) selalu memanfaatkan berbagai kesempatan untuk memperkenalkan benda sejarah pada anak-anak. Bukan hanya itu makanan tradisonal mulai jarang diminati anak-anak muda, untuk itu belum lama ini festival pangan lokal diselenggarakan untuk mengingatkan kembali kepada anak-anak tentang bahan pangan lokal yang saat ini sudah jarang dijumpai.

“Saya memegang kluweh , namun anak-anak tidak tahu, malah mereka mengira kalau itu adalah buah sirsat”, tandas bupati.

Festival Pangan Lokal Kabupaten Pati

Belum lama ini Pemerintah Kabupaten Pati (Pemkab) mengadakan Festival Pangan Lokal Kabupaten Pati tahun 2018 di Alun-alun Simpang Lima Pati, Sabtu (3/11/2018).

Bupati Pati Haryanto menyampaikan, festival ini bertujuan untuk mengampanyekan konsumsi pangan lokal bagi masyarakat. Festival ini, dapat disaksikan berbagai kreasi hasil bumi, pameran UMKM, dan aneka lomba inovasi pangan lokal yang diikuti oleh berbagai kalangan

“Seperti kita lihat bersama bahwa saat ini dihadapan kita terkumpul berbagai hasil bumi yang cukup berlimpah dan beraneka ragam mulai dari umbi-umbian, buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan ,padi-padian, biji-bijian dan hasil laut,” ujar Bupati.

Bupati mengungkapkan, dukungan Pemkab Pati terhadap konsumsi pangan lokal telah diatur dalam Peraturan Bupati Nomor 72 tahun 2018 tentang Pengembangan Pangan Lokal di Kabupaten Pati. Dalam Perbup itu, telah diatur mengenai pemanfaatan pangan lokal yang diimplementasikan melalui konsumsi masyarakat sehari-hari.

“Upaya peningkatan ketersediaan konsumsi pangan yang beragam bergizi dan seimbang aman serta berbasis pada sumber daya lokal, menjadi dasar untuk pengembangan pangan lokal,” tegas Bupati.

Bupati menyampaikan harapannya agar Festival Pangan Lokal Kabupaten Pati tahun 2018 berdampak positif pada konsumsi olahan pangan lokal.

“Semoga dapat menjadi perhatian kita bersama, agar melalui festival ini semuanya semakin suka dan terbiasa mengonsumsi produk olahan pangan lokal yang ada Kabupaten Pati,” tandasnya.