Genjot Ekonomi Perdesaan, Pemkab Akan Optimalkan PID

Dipermades Kabupaten Pati melakukan sosialisasi Program Inovasi Desa (PID) di ruang rapat Pragola Setda Pati, beberapa waktu lalu. Sosialisasi tersebut dihadiri stakeholder terkait baik perwakilan kecamatan, pemerintah desa dan mitra kerja Gabungan Pengusaha Indonesia (Gapensi). (Sumber: Pemkab Pati).

Pati, PATIDAILY.COM ** Pemerintah Kabupeten (Pemkab) Pati terus mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi perdesaan. Pemkab juga berupaya membangun kapasitas desa yang berkelanjutan.

Untuk mendukung hal itu, belum lama ini Pemkab Pati memperkenalkan Program Inovasi Desa (PID) kepada perwakilan masing-masing kecamatan dan pemerintah desa serta mitra kerja, yaitu Gabungan Pengusaha Indonesia (Gapensi).

Dilansir dari laman Pemkab Pati, pada awal pekan lalu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Pati melakukan sosialisasi PID di ruang rapat Pragola Sekretariat Daerah Pati. Kepala Dispermades Pati, Muhtar, mengatakan PID merupakan media dan strategi percepatan pembangunan.

Menurutnya PID menjadi media untuk peningkatan efektifitas pengelolaan Dana Desa (DD). Artinya, dalam pelaksanaan DD akan diberikan pengetahuan (knowladge), ketrampilan (skill), modal (capital) dan niat baik (willingness).

“Dalam PID nantinya dapat dijadikan sebagai media dalam pelaksanaan dan pengelolaan dana desa dan yang terpenting dalam program ini diharapkan dapat menciptakan inovasi-inovasi baru,” kata dia seperti dikutip situs tersebut.

Pelalksanaan program inovasi tersebut dikatakan sesuai dengan putusan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 83 tahun 2017, tentang Pedoman PID. Penilaian dari target PID tersebut meliputi bidang kewirausahan, pengembangan ekonomi lokal, Sumber Daya Manusia (SDM) dan Infrastruktur.

Pelaksanaan PID nantinya akana dikawal oleh Tim Inovasi Kabupaten. Tim tersebut itu meliputi Bappeda, Dispermades, OPD Kesehatan, Pendidikan, Komunikasi, Tenaga Ahli Kabupaten, LSM, perguruan tinggi dan Media.