Sosialisasi Menara Telekomunikasi Digelar

Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora menggelar kegiatan sosialisasi tentang menara telekomunikasi se-Kecamatan Blora, beberapa waktu lalu. (Sumber: Pemkab Blora)

Blora, PATIDAILY.COM ** Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora menggelar kegiatan sosialisasi tentang menara telekomunikasi se-Kecamatan Blora, beberapa waktu lalu.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya keberadaan menara telekomunikasi dalam memenuhi kebutuhan penggunaan fasilitas komunikasi.

Dikutip dari laman Pemkab Blora, kegiatan tersebut dilakukan di ruang petemuan Wisma Pratama Blora. Kepala Bidang Statistik Persandian dan Telekomunikasi (SPT), Ignatius Ary Soesanto, menyampaikan semakin berkembang dan meningkatnya kegiatan usaha telekomunikasi di Kabupaten Blora sejalan dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap penggunaan fasilitas telekomunkasi. Hal tersebut berdampak terhadap kehidupan sosial masyarakat.

“Guna menjamin kenyamnan dan keselamatan masyarakat, dipandang perlu melakukan sosialisasi tentang keberadaan menara telekomunikasi kepada masyarakat melalui tokoh masyarakat, Ketua RT, Ketua RW serta pimpinan pemerintahan Desa/Kelurahan,” kata dia seperti dikutip situs Pemkab Blora.

Sosialisasi diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai pentingnya menara telekomunikasi. Khususnya dalam memenuhi kebutuhan penggunaan fasilitas komunikasi.

Melalui sosialisasi diharapkan juga dapat mengurangi konflik di masyarakat yang terkadang muncul karena adanya pendirian menara telekomunikasi. Menurutnya perlu adanya kesadaran masyarakat terkait pentingnya partisipasi dan dukungannya terhadap pembangunan di bidang telekomunikasi demi kemajuan daerah.

Peserta sosialisasi terdiri dari warga pemilik lahan yang disewa, Ketua RT, Ketua RW, Kepala desa/kelurahan yang wilayahnya menjadi lokasi berdirinya menara telekomunikasi, serta instansi terkait.

Sementara narasumber sosialisasi terdiri dari pihak kepolisian, konsultan perusahaan serta unsur OPD terkait yang tergabung dalam Tim Pembina, Pengendalian dan Pengawasan Menara Telekomunikasi (TP3MT) Kabupaten Blora.

Kepala Dinkominfo Blora, Sugiyono, mengatakan Kabupaten Blora tahun ini terdapat 142 tower. Sedangkan pada 2016 lalu ada 130 tower. “Berarti sudah ada perkembangan 12 tower pada tahun 2017 ini. Pemiliknya ada 11 orang sehingga mereka rata-rata memiliki 14 menara tower,” kata Sugiyono, seperti dikutip laman tersebut.

Menurut Sugiyono, menara telekomunikasi saat ini sangat dibutuhkan untuk kecepatan informasi dan komunikasi. Bukan hanya untuk pemerintah, tetapi juga seluruh lapisan masyarakat. Diharapkan melalui kegiatan sosialisasi, peserta mendapatkan pengetahuan yang lebih luas tentang menara telekomunikasi.