Pati Gelar Kejuaraan Karate Pelajar

Kejuaraan Karate Pelajar Student Karate Open Championship-Bupati Cup VI 2017 digelar beberapa waktu lalu di GOR Pesantenan Pati. (Sumber: Pemkab Pati).

Pesantenan, PATIDAILY.COM ** Kejuaraan Karate Pelajar Student Karate Open Championship-Bupati Cup VI 2017 digelar beberapa waktu lalu di GOR Pesantenan Pati. Pada acara itu juga sekaligus dilaksanakan pengukuhan Tim Pra Porprov Karate Kabupaten Pati.

Mereka adalah atlet yang akan berlaga mengikuti Pra Porprov Jawa Tengah tanggal 17 – 19 November 2017 di Semarang. Tim Pra Porprov yang dikukuhkan berjumlah 11 atlet putri, 14 atlet putra, 4 pelatih, 3 offisial dan 1 manajer tim.

Bupati Pati, Haryanto berharap jika nantinya para atlet yang akan maju berlaga tingkat provinsi dapat memberikan hasil maksimal.

“Walaupun persaingan di antara seluruh kontingen Kabupaten/Kota sangat tinggi, namun tetap harus bisa menunjukkan prestasi maksimal dan lolos menuju Porprov Jawa tengah tahun 2018,” kata Bupati.

Dilansir dari Pemkab Pati, kejuaraan karate pelajar tahun ini diikuti oleh 436 karateka pelajar yang berasal dari 82 sekolah se-Kabupaten Pati. Baik dari jenjang TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, hingga SMA/MA/SMK.

Kejuaraan mempertandingkan 52 kelas yang terdiri dari 46 kelas KATA dan Kumite perorangan serta 6 KATA Beregu. Kejuaraan terbagi dalam 6 kategori usia yaitu pra usia dini (7 tahun ke bawah), usia dini (8-9 tahun), pra pemula (10-11 tahun), pemula (12-13 tahun), kadet (14-15 tahun) dan junior (16-18 tahun).

Kegiatan tersebut melibatkan wasit dan juri yang ditugaskan dari Pengprov FORKI Jawa Tengah sejumlah 39 personel. Mereka berasal dari berbagai daerah dan perguruan karate di Jawa Tengah, dengan kualifikasi 1 Wasit Asia, 4 Wasit Nasional, 4 Juri Nasional, 10 Wasit Daerah dan 20 Juri Daerah.

Bupati Pati mengapresiasi terselenggaranya kegiatan tersebut. Dia merasa senang menyaksikan semangat dari seluruh atlet yang bertanding. Dia berpesan agar semua atlet bisa menunjukkan segala kemampuannya dengan tetap menjunjung sportifitas dan fair play.

Hasil dari kejuaraan, sebanyak 76 kontingen sekolah berhasil meraih medali. Keluar sebagai Juara Umum I adalah kontingen SMAN 2 Pati yang memperoleh 5 emas 2 perak 3 perunggu, berhak memboyong Piala Bergilir Bupati Pati, Piala Tetap Ketua DPRD dan uang pembinaan.

Juara Umum II kontingen dari SMAN 1 Tayu dengan raihan 4 emas 4 perak 5 perunggu, membawa pulang Piala Tetap Ketua KONI dan uang pembinaan. Sedangkan Juara Umum III kontingen MI Matholiul Huda Karangsari Cluwak mendapat 4 emas 2 perak 5 perunggu, berhak atas Piala Tetap Kepala Disporapar dan uang pembinaan.