Hindari Berita Hoax dengan Menjadi Pembaca Cerdas

Dinas Kominfo Kabupaten Pati mengadakan literasi media. acara berlangsung di di Sekda Pati, Rabu (30/08/2017) dan dihadiri oleh perwakilan SMA se-Kabupaten Pati. (Sumber: Pemkab Pati)

Pati, PATIDAILY.COM ** Perkembangan berita khususnya melalui media digital belakangan ini banyak menimbulkan keresahan. Pemberitaan tersebut sering kali menyebarkan kebohongan bahkan kebencian yang menimbulkan perpecahan atau yang populer dengan sebutan hoax.

Untuk mengatasi hal itu Dinas Kominfo Kabupaten Pati mengadakan Paparan tentang Literasi Media. Acara ini bertempat di Sekda Pati, Rabu (30/08/2017) dan dihadiri oleh perwakilan SMA se-Kabupaten Pati. Paparan ini adalah rangkaian kegiatan Diskominfo bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat khususnya pelajar.

Menurut Bagian Humas Setda Kab. Pati, Fithri Nugrahani masyarakat harus menjadi pembaca yang cerdas. Tidak menelan mentah-mentah berita yang disajikan oleh berbagai media khususnya media online.

“Literasi Media bertujuan untuk mencegah dampak media pada khalayak dan menyiapkan khalayak agar menjadi konsumen media yang kritis” ungkapnya seperti yang dikutip oleh situs resmi Pemkab Pati.

Acara itu juga dihadiri oleh Dyah Widiastuti selaku Kasie Sumberdaya Kehumasan dan Komunikasi Publik Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah. Pada kesempatan itu Dyah memaparkan keterkaitan Sikap pemerintah terhadap pemberitaan hoax.

“Untuk mengantisipasi berita hoax, kita harus hati-hati dengan judul sensasional yang provokatif. Untuk informasi yang diperoleh dari website atau mencantumkan link, cermatilah alamat URL situs dimaksud,” terang Dyah Widiastuti

Selain itu perlu diperhatikan pula asal serta sumber berita. Penting pula untuk ikut tergabung dalam grup. Terlebih grup yang dapat memberikan informasi mengenai keaslian berita. “Perhatikan darimana berita berasal dan siapa sumbernya. Cek keaslian foto dan ikut serta grup diskusi anti-hoax”, pungkasnya.