Dana Desa Untuk Infrastruktur

Sebuah alat berat diterjunkan untuk mengeruk tanah yang akan dibangun drainase di Desa Dadirejo, Margorejo. (Sumber: Pemkab Pati)

Margorejo, PATIDAILY.COM ** Dana desa di Desa Dadirejo, Margorejo diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur. Tahun ini pemerintah desa setempat telah menerima seratus persen dana desa tersebut.

Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Dadirejo, Margorejo, Kaswito, mengatakan dana desa menjadi solusi baik untuk pelaksanaan program desa. Dana desa yang diterima di 2017 ini pun digunakan pemerintah desa untuk membangun sarana dan prasarana desa.

“Pembangunan yang sudah dilaksanakan adalah untuk [pembangunan] drainase sepanjang sekitar 600 meter,” kata dia seperti dikutip laman resmi Pemkab Pati belum lama ini.

Kegiatan pembangunan tersebut diharapkan juga mendapat dukungan aktif dari semua lembaga yang berkaitan. Baik TPK, kepala desa maupun masyarakat secara keseluruhan.

Di sisi lain disebutkan dana desa yang diterima desa tersebut sejumlah Rp.773.766.000. Dana dari pemerintah pusat itu difokuskan untuk meneruskan beberapa program desa. Selain pembangunan drainase sepanjang 600 meter, juga pembangunan talut di area persawahan dan rabat beton.

Penggunaan dana desa sudah direncanakan secara matang. Diharapkan semua kegiatan pembangunan yang dibiayai dari dana tersebut dapat berjalan lancar dan tepat waktu.

Sementara itu Kepala Desa Dadirejo, Suwartono, mengimbau agar dana desa dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan dikelola secara transparan. Sebab dana tersebut digunakan untuk kepentingan bersama.

“Semoga tidak ada penyelewengan dalam pengelolaan keuangan, seperti nota bodong dan lain sebagainnya yang bertentangan dengan hukum,” ujarnya dikutip situs tersebut.