75 Tenaga Kerja Muda Ikuti Sertifikasi SKKNI

Wakil Bupati Pati, Saiful Arifin, ketika berbicara dalam acara sertifikasi nasional berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang komunikasi, Selasa (12/09/2017). (Sumber: Pemkab Pati)

Pati, PATIDAILY.COM ** Sebanyak 75 orang angkatan kerja muda mengikuti sertifikasi nasional berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang komunikasi, Selasa (12/09/2017). Hal itu dilakukan untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) ke dunia kerja yang memiliki daya saing.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama empat hari hingga Jumat (15/9/2017), bertempat di Hotel Safin Jl. Pangeran Diponegoro No. 229, Pati Lor, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati. angkatan kerja muda yang mengikuti kegiatan tersebut memiliki latar belakang pendidikan SMK, D3 dan D4 serta sarjana untuk jurusan grafika/desain grafis atau multimedia.

Kegiatan sertifikasi dilaksanakan oleh Pusat Pengembangan Literasi dan Profesi (Pusbang Litprof) SDM Komunikasi yang bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Indonesia.

Kepala Pusat Pengembangan Literasi dan Profesi SDM Komunikasi, Gati Gayatri, dalam sambutannya menyampaikan program sertifikasi angkatan kerja muda merupakan salah satu program prioritas Kementerian Kominfo dalam bidang pengembangan SDM. Sebab hal itu untuk mendukug program percepatan sertifikasi tenaga kerja di Indonesia.

“Pentingnya sertifikasi nasional bagi angkatan kerja muda Indonesia adalah untuk mempersiapkan diri memasuki dunia kerja yang penuh persaingan. Oleh karena itu, salah satu aspek penting yang perlu disiapkan oleh bangsa ini adalah SDM yang memiliki daya saing dan dibuktikan dengan kepemilikan sertifikat kompetensi yang berstandar nasional,” kata dia seperti dikutip laman Pemkab Pati.

Sementara itu Wakil Bupati Pati, Saiful Arifin, mengatakan seiring dengan pesatnya pertumbuhan dunia periklanan, kehumasan, penyiaran dan distribusi konten komunikasi via media sosial, kebutuhan tenaga kerja di bidang TIK semakin meningkat.

Di negara-negara maju, bidang komunikasi khususnya industri konten telah menjadi profesi yang sangat bergengsi dan terus berkembang pesat. Dia berharap semua peserta sertifikasi dapat memanfaatkan kegiatan tersebut sebaik-baiknya.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi SDM bidang informatika sehingga dapat bersaing di dunia industri informatika nasional pada khususnya, dan untuk bersaing di dunia internasional pada umumnya.

Kegiatan fasilitasi sertifikasi nasional diselenggarakan dalam bentuk pemberian materi pengantar sebagai bahan penyegaran kembali terhadap topik yang akan diujikan. Selanjutnya peserta mengikuti ujian sertifikasi.