25 Penyuluh Pertaian Terima SK CPNS

Bupati Pati, Haryanto, menyerahkan Surat Keputusan (SK) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kepada 25 orang penyuluh pertanian, Senin (18/9/2017). (Sumber: Pemkab Pati).

Pati, PATIDAILY.COM ** Bupati Pati, Haryanto, menyerahkan Surat Keputusan (SK) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kepada 25 orang penyuluh pertanian, Senin (18/9/2017). Bupati berharap penerima SK tersebut ke depan dapat melaksanakan tugas dengan baik.

Penyuluh pertanian penerima SK CPNS berasal dari tenaga harian lepas (THL)-tenaga bantu penyuluh pertanian Kementerian Pertanian di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati. Mereka terdiri dari 18 orang calon Penyuluh Pertanian Pertama dan 7 orang calon Penyuluh Pertanian Pelaksana Pemula.

Dilansir dari laman Pemkab Pati, Bupati Pati, Haryanto, mengingatkan kepada penerima SK CPNS agar mampu memberikan pemahaman kepada para petani terkait pertanian. Dia juga berharap para penyuluh memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan para petani. Untuk itu penerima SK pun harus siap diberangkatkan mengikuti diklat untuk menunjang tugas pokok dan fungsi sebagai penyuluh pertanian.

Bupati juga berpesan kepada Kepala Dinas Pertanian agar membimbing para penyuluh. Dia berharap para penyuluh bisa segera menyesuaikan diri di lingkungan kerja yang baru, di mana mereka sudah terikat dengan aturan sebagai seorang CPNS, sehingga dapat berkerja dengan baik.

Di sisi lain Haryanto mengatakan saat ini untuk menjadi seorang PNS harus melalui tahapan seleksi yang tidak mudah. Terlebih formasi CPNS yang dibuka tidak sebanding dengan animo masyarakat. Animo masyarakat sangat besar untuk mengikuti seleksi CPNS, sementara formasi yang dibuka tidak banyak.

Dia berpesan kepada masyarakat agar tidak mudah terpengaruh dengan bujuk rayu pihak yang tidak bertanggung jawab yang mengaku bisa memasukkan seseorang menjadi CPNS.

“Kita harus tahu bahwa pola perekruatan cpns sekarang sudah pakai CAT (Computer Assisted Test). Sedangkan untuk pengadaaan CPNS menjadi kewenangan pusat,” kata dia seperti dikutip situs tersebut.

Setelah acara penyerahan SK SCPN, dilanjutkan dengan acara sosialisasi pengisian Formulir Isian Data Pegawai. Pengisian formulir tersebut menjadi salah satu syarat wajib terkait pendataan calon pegawai di Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian di Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP). Batas akhir penyerahan formulir di BKPP pada Selasa (26/9/2017).

Kegiatan penyerahan SK CPNS kepada 25 penerima juga dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Pati, Syaiful Arifin; Sekretaris Daerah, Suharyono; Kepala BKPP Pati, Jumani; Inspektur, Sumarsono Hadi; Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Turi Atmoko serta Kepala Dinas Pertanian, Mukhtar Efendi.