Nominator Adipura Kencana, Bupati Pati Berterima Kasih Kepada Pasukan Kuning

Presentasi dan wawancara kepala daerah nominator Adipura Kencana. (sumber: web Pemkab Pati)

Pati, PATIDAILY.COM ** Kabupaeten Pati di tahun 2017 ini masuk menjadi nomine penghargaan Adipura Kencana bersama 12 kota atau kabupaten lainnya. Karena hal ini Bupati Pati, Haryanto secara khusus berterima kasih kepada tenaga kebersihan atau biasa lebih dikenal dengan pasukan kuning.

“Tanpa adanya peran serta dari seluruh warga Pati yang ikut bergotong royong menjaga kebersihan lingkungan, termasuk juga tenaga kebersihan atau pasukan kuning patut diapresiasi karena jasa mereka turut membersihkan kota Pati,” jelas Haryanto, dikutip dari laman Pemerintah Kabupaten Pati.

Selain itu juga, Haryanto menambahkan bahwa dirinya sangat bersyukur dan mengapresiasi semua pihak yang terlibat sehingga Pati menjadi satu-satunya kabupaten kecil yang masuk di dalam nominasi penghargaan tertinggi di bidang kebersihan untuk kabupaten atau kota.

Haryanto berharap seluruh elemen masyarakat dapat menjadikan hal ini sebagai motivasi untuk membudayakan lingkungan yang bersih, sehingga ke depan Pati akan selalu dikenal sebagai kota yang bersih, indah dan asri.

Daerah yang masuk nominasi Adipura Kencana tersebut adalah Kota Surabaya (Jawa Timur), Kabupaten Banjar (Martapura), Kabupaten Tulungagung (Jawa Timur), Kabupaten Pati (Jawa Tengah), Kabupaten Kudus (Jawa Tengah), Kota Tangerang (Banten), Kota Malang (Jawa Timur), Kota Bau-Bau (Sulawesi Tengah), Kabupaten Maros (Sulawesi Selatan), Kota Semarang (Jawa Tengah), Kota Balikpapan (Kalimantan Timur), Kabupaten Jepara (Jawa Tengah), dan Kabupaten Jombang (Jawa Timur).

Proses Seleksi Panjang

Proses penilaian Adipura diawali pemantauan pertama terhadap 355 kabupaten/kota, selanjutnya dilakukan pemantauan verifikasi terhadap 167 kabupaten/kota. Pemantauan verifikasi menghasilkan 129 kabupaten/kota yang akan dinominasikan sebagai penerima penghargaan Adipura dan Adipura Kencana.

Terhadap 129 kabupaten/kota tersebut diundang untuk melakukan presentasi Bupati/Walikota yang dibagi menjadi dua bagian. Pertama proses presentasi 116 Bupati/Walikota Calon Penerima Penghargaan Adipura yang dilaksanakan pada tanggal 6-10 Juni 2017 dan kedua proses presentasi 13 Bupati/Walikota Calon Penerima Penghargaan Adipura Kencana.

Penganugerahan Adipura dan Adipura Kencana direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 12 Juli 2017 oleh Presiden RI Joko Widodo.