Jawara di Jateng, Kutoharjo Masuk Nominasi Nasional Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat

Ilustrasi daerah hijau. (sumber Pixabay/hans)

Kutoharjo, PATIDAILY.COM ** Setelah menjadi yang terbaik dan mewakili Jawa Tengah, Desa Kuthoharjo Kecamatan Pati, masuk nominasi lomba pelaksana terbaik tingkat nasional lingkungan bersih dan sehat(LBS).

Untuk melakukan pengecekan dan pemantauan lomba, tim verifikasi lapangan melakukan penilaian dengan kunjungan ke tiga lokasi berbeda di Desa Kutoharjo Kecamatan Pati.

Ketua Tim Penilai, Ninik Mujihartini mengatakan, dalam memverifikasi lapangan, pihaknya tetap mengacu pada parameter-parameter yang sudah disiapkan panitia pusat. “Penilaian sesuai standar indikator yang sudah ditentukan dari pusat, dalam penilaian ini ada tiga institusi, dua dari Kementerian Kesehatan, dan satu dari Tim Penggerak PKK Pusat,” jelas Ninik seperti dikutip dari laman Pemkab Pati.

Lebih lanjut, program lingkungan bersih dan sehat dilakasanakan, agar masyarakat senantiasa membudayakan perilaku hidup bersih. Sehingga desa lain juga termotivasi untuk ikut dalam program tersebut.

Optimis Menang

Kepala Desa Kutoharjo, Hartono optimis dapat memenangkan lomba Lingkungan Bersih dan Sehat tingkat nasional. Optimisme ini didasari dengan adanya program-program desa yang mengutamakan kebersihan lingkungan, kesehatan dan pemanfaatan sampah rumah tangga.

“Merujuk pada hasil kerja keras seluruh warga Desa Kutoharjo, kami optimis akan mampu menjuarai lomba LBS tingkat nasional ini. Berbagai program yang kami lakukan selalu mengutamakan kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat,” ujarnya.